MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
- Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif
Menurut Davidson dan Warsham (dalam
Isjoni, 2011: 28), “Pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran
yang mengelompokkan siswa untuk tujuan menciptakan pendekatan
pembelajaran yang berefektifitas yang mengintegrasikan keterampilan
sosial yang bermuatan akademik”.
Slavin (dalam Isjoni, 2011: 15)
menyatakan bahwa “pembelajaran kooperatif adalah suatu model
pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja sama dalam
kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari
4-6 orang dengan struktur kelompok heterogen”. Jadi dalam model
pembelajaran kooperatif ini, siswa bekerja sama dengan kelompoknya untuk
menyelesaikan suatu permasalahan. Dengan begitu siswa akan bertanggung
jawab atas belajarnya sendiri dan berusaha menemukan informasi untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pada mereka.
Berdasarkan uraian di atas, dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif adalah model
pembelajaran yang mengutamakan pembentukan kelompok yang bertujuan untuk
menciptakan pendekatan pembelajaran yang efektif.
- Tujuan Model Pembelajaran Kooperatif
Tujuan model pembelajaran kooperatif
menurut Widyantini (2006: 4) adalah “hasil belajar akademik siswa
meningkat dan siswa dapat menerima berbagai keragaman dari temannya
serta pengembangan keterampilan sosial”.
Johnson & Johnson (dalam Trianto,
2010: 57) menyatakan bahwa tujuan pokok belajar kooperatif adalah
memaksimalkan belajar siswa untuk peningkatan prestasi akademik dan
pemahaman baik secara individu maupun secara kelompok. Louisell dan
Descamps (dalam Trianto, 2010: 57) juga menambahkan, karena siswa
bekerja dalam suatu tim, maka dengan sendirinya dapat dapat memperbaiki
hubungan diantara para siswa dari latar belakang etnis dan kemampuan,
mengembangkan keterampilan-keterampilan proses dan pemecahan masalah.
Jadi inti dari tujuan pembelajaran
kooperatif adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa, memfasilitasi
siswa, dan memberikan kesempatan pada siswa untuk berinteraksi dan
belajar bersama-sama siswa lainnya.
- Prinsip Dasar Model Pembelajaran Kooperatif
Menurut Nur (dalam Widyantini, 2006: 4), prinsip dasar dalam pembelajaran kooperatif sebagai berikut:
1) Setiap anggota kelompok
bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya
dan berpikir bahwa semua anggota kelompok memiliki tujuan yang sama.
2) Dalam kelompok terdapat pembagian tugas secara merata dan dilakukan evaluasi setelahnya.
3) Saling membagi kepemimpinan antar anggota kelompok untuk belajar bersama selama pembelajaran.
4) Setiap anggota kelompok bertanggungjawab atas semua pekerjaan kelompok.
Ciri-ciri model pembelajaran kooperatif menurut Nur (dalam Widyantini, 2006: 4) sebagai berikut:
1) Siswa dalam kelompok bekerja sama menyelesaikan materi belajar sesuai kompetensi dasar yang akan dicapai.
2) Kelompok dibentuk secara heterogen.
3) Penghargaan lebih diberikan kepada kelompok, bukan kepada individu.
Pada model pembelajaran kooperatif memang
ditonjolkan pada diskusi dan kerjasama dalam kelompok. Kelompok
dibentuk secara heterogen sehingga siswa dapat berkomunikasi, saling
berbagi ilmu, saling menyampaikan pendapat, dan saling menghargai
pendapat teman sekelompoknya.
bgaimana cra menerapkan metode ilmiah tersbut klingkungan msyrakat??????
BalasHapuscara nya itu di mengerti terlebih dahulu....
BalasHapus